Translate

Tuesday, April 24, 2012

belajar dari spongebob : texas bodoh sandy


Episode ini adalah episode yang bikin gue inget pas masa-masa awal masuk SMA. Karena gue sering diledekin dari pedalaman Sumbawa sama (mantan) sahabat-sahabat gue (gak ya ding, peace). Padahal gue waku itu adalah wakil ketua OSIS, dan gue merasa sebagai wakil ketua OSIS paling hina sepanjang sejarah. Oke ini dia cerita nya. Siang hari yang terik ketika sandy, spongebob dan patrick bermain di pantai Goo Lagoon. Spongebob dan patrick asik membuat istana pasir yang megah dengan berbagai perlengkapan freak mereka. Namun sandy malah membuat gundukan tidak jelas yang membuat heran spongebob. Sandy dengan bangganya menunjukkan hasil karyanya yaitu bentuk negara kampung halamannya yaitu Texas. Tiba-tiba ombak menerjang pasir hasil karya sandy itu. Seketika wajah sandy menjadi sedih dan tampak jelas bahwa ia sedang rindu akan kampung halamannya. Dengan berjingkrak-jingkrak spongebob mengajak sandy untuk bermain, namun tetap kerinduan sandy akan kampung halamannya membuatnya tetap sedih.
            Keesokan harinya spongebob yang tahu akan kerinduan sandy, menyiapkan sebuah kejutan di krusty krab dengan sahabat-sahabatnya. Namun ternyata sandy dengan terpaksa harus meninggalkan sahabat-sahabatnya di bikini bottom untuk pulang ke Texas. Spongebob bingung bagaimana caranya agar sandy mau melihat sebentar kejutan di krusty krab, sedangkan sandy sudah masuk ke dalam bis. Seperti biasa, kebodohan patrick selalu menceletuk “apasih pentingnya Texas bodoh itu”. Mendengar itu sandy yang sudah pergi, kembali dan memarahi patrick. Ting! Spongebob mendapat ide dengan mengata-ngatai Texas dan berharap sandy marah dan mengejar mereka. Sandy mulai gerah dan wajahnya memerah mendengar olok-olokan spongebob dan patrick yang mengatakan Texas itu bodoh. Mulailah sandy mengejar mereka berdua. Patrick telah tertangkap dan dibanting oleh sandy sampai meledak (ada ya orang dibanting bisa meledak, mirip petasan banting). Mulai lah spongebob gugup dan takut ia tak akan sampai krusty krab. Tepat ketika jari spongebob menggapai pintu krusty krab, ia tertangkap tali sandy. Dan jebol lah pintu depan krusty krab. Seketika la sahabat-sahabat sandy mengucapkan “surprise!”. Sandy pun terharu, dan berkata “kenapa aku tidak menyadari bahwa selama ini aku ada di rumah bersama sahabat-sahabat ku”
..........
            Sahabat selalu bisa membuat kita merasa nyaman dan hangat bagai dirumah. Sahabat sejati pasti tahu keadaan hati dari sahabatnya, walaupun ia tidak tahu solusi apa yang pas bagi nya. Tetapi yang pasti sahabat pasti akan memberikan yang terbaik dari apa yang ia punya. Seperti spongebob yang memberikan pesta kejutan bagi sandy, ia tidak tahu apa yang terbaik bagi sandy tetapi ia hanya berusaha yang terbaik dari yang ia bisa. Dari sini satu lagi bukti bahwa sahabat adalah saling melengkapi. Saling melengkapi satu sama lain sehingga kita menjadi nyaman dalam menjalani perjalanan hidup bersama sahabat kita.
            Selain itu, sebagai sahabat kita terkadang perlu menegur sahabat kita. Seperti yang dilakukan spongebob dan patrick ketika mengolok-olok kampung halaman sandy (seperti teman saya yang mengatai tempat saya *curhat*). Mereka mengolok-olok sandy bukan bertujuan untuk menjatuhkan nya, tetapi hanya untuk menarik dan mengalihkan perhatian sandy bahwa ia salah. Jadi tegur lah, sentil lah, atau bahkan timpukin pake batu bata bila sahabat mu tetap melakukan kesalahan. Buat mereka mengejar kita seperti yang dilakukan spongebob dan patrick, kearah yang bisa membuat mereka sadar.
            Sama seperti yang gue rasain ketika gue lagi gak mood karena rindu sama keluarga gue di sumbawa. Sahabat-sahabat gue selalu bisa membuat gue mood lagi. Entah ketika mereka ngajak gue nongkrong di sekolah, nonton di bioskop, atau pun dengan mengajak gue berfikir keras dalam menyusun acara OSIS. Dan pada saat itu gue merasa nyaman bersama sahabat-sahabat gue, karena sahabat gue adalah keluarga gue juga. Demikian juga sebalik nya ketika sahabat gue sedang down, gue juga akan berusaha melengkapi nya sehingga mampu bangkit kembali.
            Jadilah rambu-rambu dan rumah bagi sahabat kita. Rambu-rambu yang senantiasa mengingatkan mereka dan memberikan petunjuk. Serta rumah yang nyaman ketika mereka kepanasan dibawah atau bahkan kedinginan dipuncak.
Yang paling saya kagumi adalah orang-orang yang selalu berterus terang
-Donald Trump-

No comments:

Post a Comment