Translate

Tuesday, April 24, 2012

belajar dari spongebob : Jam Terakhir Spongebob


Gue bener-bener terharu sama episode ini. Apalagi sama perkataan spongebob “apabila aku meledak atau mati karena kelalaian seorang sahabat, aku akan baik-baik saja”, itu sangat mengharukan bagi gue. Ini dia ceritanya. Mr. Krab pada hari itu mewajibkan pada semua karyawannya untuk merayakan hari persaudaraan dan saling memberikan hadiah sebagai tanda persaudaraan. Spongebob dengan senang hati memberikan squidward sebuah sweater yang terbuat dari alis mata. Gue heran gak habis-habis, gimana caranya alis mata dibuat jadi sweater. Dan seperti biasa, squidward selalu menolak semua hal yang berhubungan dengan spongebob. Squidward pun memutuskan untuk pergi dari krusty krab, tapi spongebob memberikan sweater lain kepada squidward yaitu sweater dari air mata. Nih lebih freak lagi nih, pake air mata lagi bikin sweater nya. Ya dengan terpaksa squidward pun menuruti perintah mr. Krab untuk memberikan hadiah pada spongebob. Saat bingung ingin memberikan apa kepada spongebob, squidward pun melihat sekumpulan bajak laut di belakang krusty krab yang sedang mengangkut pie. Dan akhirnya squidward pun membeli pie tersebut yang sebenarnya adalah bom buatan para bajak laut.
            Pie tersebut pun ditunjukkan kepada mr. Krab untuk persetujuannya. Dan yah memang dasarnya mr. Krab rakus, jadi ya pie itu ingin dicicipi dahulu. Tapi belum sempat dicicipi, secuil pie itu jatuh dan meledak. Squidward dan mr. Krab pun terlempar keluar. Dan ketika itu spongebob masuk ke dalam kantor mr. Krab dan mengambil pie tersebut. Squidward dan mr. Krab pun mengira bahwa spongebob telah memakan pie tersebut. Ya mr. Krab pun menyimpulkan bahwa spongebob akan meledak pada saat matahari terbenam dan menyarankan kepada squidward untuk memberikan hari terbaik pada spongebob pada jam-jam terakhirnya. Squidward pun dengan berbesar hati akan memberikan hari terindah pada spongebob.
            Squidward menyapa spongebob dan bertanya jika ada satu hari spesial bersama sahabat mu, maka apa yang akan dilakukannya. Spongebob pun menunjukkan satu daftar panjang yang berisi kegiatan yang akan dilakukan dengan squidward. Dan akhirnya karena squidward telah berjanji akan memberikan hari yang terbaik pada spongebob, jadi ia mengikuti daftar kegiatan spongebob dengan terpaksa. Semua kegiatan bodoh telah dilakukan membuat spongebob bahagia dan squidward tersiksa. Sampai akhirnya squidward, spongebob dan tembok beton diantara mereka menonton matahari terbenam. Squidward telah membayangkan bagaimana spongebob akan meledak sesaat lagi. Dan pada saat itu gue terharu banget sama kata-kata spongebob “apabila aku meledak atau mati karena kelalaian seorang sahabat, aku akan baik-baik saja”. Squidward pun menangis dan spongebob memulai menghitung mundur untuk matahari tenggelam.
            Namun pada saat matahari tenggelam, spongebob ternyata tidak meledak. Squidward pun heran dan bingung. Ternyata spongebob menyimpan pie tersebut dan ingin dimakan berdua dengan squidward. Saat spongebob ingin memberikan pie tersebut pada squidward, dia tersandung dan pie itu jatuh pas ke mukanya squidward. Daaan BUMMMM. Bikini bottom pun hancur begitu juga dengan mukanya squidward.
............
            Keikhlasan dalam bertindak itu merupakan hal penting namun sulit dilakukan oleh banyak orang. Ketika kita tidak ikhlas, tentu yang kita rasakan adalah terbebani dan bahkan tersiksa. Memang kita harus menyenangkan hati orang lain, tetapi jika kita melakukannya karena ada suatu alasan maka tentu kita akan mendapat kerugian. Seperti squidward yang melakukan semua kegiatan bersama spongebob hanya karena dia berfikir bahwa spongebob akan mati. Dan ketika ternyata spongebob tidak mati, malah ia terkena bom pie tersebut. Yah memang ada saja kesialan yang menimpa squidward. Kita bisa saja mendapatkan hal yang dialami squidwar seperti hasil yang tidak maksimal dari apa yang kita kerjakan dengan tidak ikhlas.
            Keihklasan yang ditunjukkan oleh spongebob sangat luar biasa. Ketika sweater buatannya yang terbuat dari alis mata ditolak squidward, ia malah membuat sweater yang terbuat dari air mata. Begitu pula kita dalam memberi, seharusnya ketika pemberian kita ditolak maka kita harus memberikan yang lebih baik lagi. Walaupun didunia nyata kita tentu tidak akan bisa membuat kedua sweater itu. Ketika hasil karya kita dirusak, ditolak atau dihina orang lain, ikhlaskan saja. Selanjutnya hasilkan karya yang lebih hebat lagi agar orang lain sadar bahwa kita memang luar biasa. Dan yang paling hebat adalah keikhlasan spongebob yang terlihat dari kata-katanya “apabila aku meledak atau mati karena kelalaian seorang sahabat, aku akan baik-baik saja”. Itu adalah keikhlasan yang luar biasa. Seorang sahabat yang mengikhlaskan hidupnya karena ia percaya pada sahabatnya. Sangat jarang diantara kita yang mampu mempercayai seseorang maupun sahabat kita dengan keikhlasan yang sepenuh hati.
            Ada sebuah buku yang berjudul “the speed of trust” yang intinya kita harus yakin pada diri sendiri (pede), kita harus dapat dipercaya oleh orang lain (amanah) dan kita harus mempercayai orang lain (trust). Jadi, jalani hidupmu dengan penuh kepercayaan dan keyakinan. Seperti spongebob yang begitu percaya kepada setiap orang, ia tidak memiliki perasaan negatif sedikitpun kepada setiap orang. Walaupun, squidward begitu sangat tidak menyukai spongebob, tetap saja spongebob mempercayai squidward dan menganggapnya sahabat terbaiknya. Dan dari kepercayaan spongebob kepada setiap orang selalu baik, yang ia dapatkan pun selalu hal-hal yang baik.
            Tidak seperti squidward yang selalu tidak percaya kepada setiap orang dan berprasangka negatif. Tentu saja yang ia dapatkan hanyalah ketakutan, kegagalan dan kesialan yang sempurna. Karena perasaan negatifnya itulah yang menarik diri nya kedalam kesialan. Perasaan dan keyakinan kita akan membawa diri kita kedalam apa yang kita yakini itu.
Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada sebuah kehidupan yang dicurahkan untuk kesenangan
-John Rockefeller-

No comments:

Post a Comment