Translate

Tuesday, April 24, 2012

belajar dari spongebob : Best Employee Of The Month


Di episode ini, gue agak heran sama cara bersaing dari spongebob dan squidward. Gimana caranya spongebob sama squidward nyiapin semua jebakan yang gak masuk akal pada pagi buta. Mulai dari kapal yang kebakar, jangkar raksasa, botol jebakan dan banyak lagi yang lebih freak. Oke, ini dia ceritanya. Pagi itu, mr. Krab mengumumkan bahwa akan ada pemilihan karyawan terbaik dibulan ini. Tentu saja spongebob adalah kandidat terkuat, karena krusty krab cuma punya dua karyawan dan satunya adalah squidward. Bayangkan saja apa yang squidward bisa kerjakan selain bermalas-malasan dan mengeluh. Squidward memang tidak menghiraukan penghargaan bodoh itu, dan mengatakan bahwa sesungguh nya ia bisa mendapatkannya dengan sangat mudah. Karena memang spongebob terlalu dangkal mencerna kata-kata squidward itu, ia menganggapnya sebagai perlawanan serius dari squidward untuk menyainginya. Dan keesokan harinya spongebob ingin menghalangi squidward untuk bangun pagi dan membuatnya terlambat untuk datang kerja.
            Squidwardpun akhirnya mengetahui rencana curang spongebob ini. Kemudian mulailah mereka saling curang-mencurangi. Mulai dengan rencana spongebob untuk tidak tidur dan memasang jebakan untuk squidward. Squidward yang sadar bahwa ia sedang dijebak, membalas dengan menutup pintu rumah spongebob menggunakan kayu dan dipaku. Kemudian spongebob bisa keluar dengan menggergaji dinding rumah nya, gue jadi heran gimana caranya dinding itu digergaji ? yah lupakan lah. Kemudian mereka mulai berlari menuju krusty krab dan menjebak satu sama lain. Spongebob terjebak dalam dinding, squidward masuk dalam botol kaca, dan lain-lain. Sampai akhirnya spongebob terikat erat dengan jangkar raksasa dibawahnya dan squidward juga terbelenggu dengan beban sebuah kapal bajak laut terbakar. Kemudian mereka berdua pun menyerah dan berjanji untuk bersaing secara sehat. Tenyata itu hanya akal-akalan keduanya untuk berpura-pura menyerah. Mereka pun berlari ke krusty krab dan mendobrak pintu dengan mr. Krab yang juga tertabrak. Merekapun mulai bekerja dengan membabi buta dan menunjukkan bahwa diri mereka masing-masing adalah yang pantas menjadi pegawai terbaik bulan ini. Namun bukan hasil yang maksimal yang didapatkan dari pekerjaan mereka, tetapi krusty krab malah hancur dan krabby patty pun beterbangan kemana-mana. Ya mr. Krab pun menjadi semakin pusing karena ulah karyawannya yang gila.
........
            Pada cerita diatas, kita bisa melihat sekali lagi bahwa konsep persaingan win-lose tidak menghasilkan suatu kebaikan atau prestasi. Konsep win-lose hanya dapat menyebabkan kerusakan pada setiap pesaingnya. Itu adalah konsep jadul yang menyebabkan suatu mimpi buruk dunia, yaitu Perang Dunia I & II. Gue paling benci dengan konsep persaingan ini, dan konsep persaingan seperti ini hanya ada dalam tentara dan peperangan. Karena itu gue paling gak suka dengan kemiliteran dalam bidang perang. Dunia saat ini sedang menuju suatu konsep baru yang baik bagi semua sisi, yaitu win-win solution. Setiap pemimpin cerdas di dunia saat ini sedang berusaha membangun win-win world. Dimana persaingan bukan tentang siapa menjadi pemenang dan siapa menjadi pecundang, tetapi bagaimana semua mendapatkan yang terbaik bagi bersama.
            Semua negara maju dan sadar bahwa dunia sedang menuju win-win world, telah menghilangkan seluruh armada tentara nya. Tentu saja, buat apa ada tentara ? toh masa depan tidak akan ada lagi perang. Seluruh dunia sudah kapok dengan dampak yang diderita dari Perang Dunia I & II. Dampaknya bukan hanya kehancuran fisik negara yang berperang, tetapi berimpas pada ekonomi, pangan, SDM, dan tentu nya SDA yang bobrok.
Saat ini dunia disibukkan dan disadarkan dengan Global Warming yang disebabkan oleh revolusi industri besar-besaran di berbagai sektor. Karena itu, sudah jelas dunia masa depan adalah dunia yang kembali lagi ke alam dan menjadi win-win world.
            Sudah saatnya kita melupakan dengan persaingan untuk menjadi pemenang. Karena semua manusia di bumi adalah pemenang. Ingat, Tuhan menurunkan manusia di bumi untuk menjadi pemimpin (khalifah), dan tentu saja tidak ada pemimpin yang pecundang. Jadilah pemimpin yang adil bagi sesama, lakukan semua hal yang terbaik dari yang kita bisa. Dan InsyaAllah, dari semua usaha yang kita lakukan dengan terbaik pasti akan memberikan hal positif bagi orang lain juga.
Bukan individu yang menang, timlah yang menang
-Sam Walton-

No comments:

Post a Comment