Translate

Tuesday, April 24, 2012

belajar dari spongebob : The Best Day Ever


Gue suka lagu di episode ini. Saking sukanya, gue sering nari-nari sendiri waktu nonton spongebob sampai temen-temen gue pada ngelihatin. Akhirnya gue dikucilkan di kelas selama sebulan, satu lagi kehinaan gue. Ini dia ceritanya (cerita spongebob ya, bukan cerita gue). Tooooot! Seperti biasa, jam alarm milik spongebob berbunyi sangat keras. Langsung setelah bangun, spongebob bernyanyi the best day ever, yang membuat gue ikut menari-nari gak jelas. Mengingat hari ini ia akan melakukan banyak kegiatan bersama sahabat-sahabatnya. Pertama ia akan memulai harinya dengan bekerja di krusty krab, selanjutnya bermain menangkap ubur-ubur bersama patrick, lalu berlatih karate dengan sandy dan yang terakhir menonton resital klarinet squidward bersama semua sahabat-sahabatnya. Itu akan menjadi hari yang sangat indah.
Tetapi kenyataannya tidak demikian. Saat spongebob datang ke krusty krab, sekumpulan nematoda datang menyerang. Nematoda itu menggerogoti setiap dinding krusty krab. Spongebob yang tidak sengaja memainkan hidungnya yang mengeluarkan suara yang indah dan menarik perhatian nematoda itu. Mr. Krab pun memohon kepada spongebob agar menggiring nematoda itu menjauh dari krusty krab. Dengan terpaksa spongebob pun menggiring kawanan nematoda itu menjauh dari krusty krab. Setelah berjalan sangat lama dan sangat jauh, ia pun jatuh lemas. Begitu pun dengan kawanan nematoda yang langsung tertidur kecapekan. Mulai lah hari terbaik spongebob itu menjadi tidak sesuai dengan keinginannya. Ia tidak jadi bermain menangkap ubur-ubur dengan patrick dan tidak dapat berlatih karate dengan sandy.
Puncaknya, pada saat ia akan menonton resital klarinet squidward, ternyata rite klarinet squidward rusak dan terancam tidak jadi show. Spongebob pun berang, ia mencabut giginya dan dipasang pada bagian rite klarinet squidward yang rusak itu. Kemudian spongebob pun memotivasi squidward bahwa ia harus melaksanakan shownya. Masuk lah squidward ke belakang panggung untuk bersiap-siap. Akhirnya spongebob pun berjalan dengan santai memasuki gedung pertunjukkan. Ternyata didepan pintu masuk ada penjaga tiket dan meminta spongebob untuk menunjukkan tiketnya. Dengan percaya diri spongebob merogoh kantongnya dan sampai melepas celananya untuk mengecek apakah ia membawa tiket. Ternyata spongebob tidak mempunyai tiket, tidak ada tiket tentu tidak boleh masuk. Tentu saja ini membuat spongebob gemas dan mencoba berbagai cara untuk masuk. Sampai akhirnya ia menyelinap ke dalam tas Mrs. Puff yang kemudian ketahuan dan membuat Mrs. Puff meneriaki nama spongebob. Petugas penjaga tiket yang mendengar nama spongebob sadar bahwa spongebob masuk dalam daftar tamu istimewa yang masuk tanpa tiket. Spongebob pun masuk kedalam dengan di bopong oleh penjaga tiket dan duduk di samping sahabat-sahabatnya.
Namun tepat setelah ia duduk, acara resital klarinet pun selesai. Tentu spongebob tidak mendapatkan apa-apa dari acara tersebut dan menuntut squidward agar bermain klarinet kembali. Kemudian mr. Krab pun mejelaskan kepada spongebob bahwa di hari terbaiknya ini bukan lah tentang apa yang ia dapatkan dari sahabat-sahabatnya, tetapi apa yang telah ia perbuat kepada sahabat-sahabatnya. Dan akhirnya apa yang diminta spongebob pun dituruti oleh semua sahabat-sahabatnya.
..........
Tuhan menyuruh umatnya untuk bersedekah. Bersedekah pun bukan hanya dengan harta atau semua yang menyangkut materi. Tetapi mendahulukan kepentingan orang lain atau kepentingan umum daripada kepentingan diri juga merupakan sedekah. Seandainya, spongebob tetap bertahan dengan egonya dan hanya berharap sahabatnya memperbaiki segalanya hanya untuk membuat dia senang, tentu dia akan di jauhi oleh sahabatnya. Memang ia tidak mendapatkan hari terbaiknya seperti yang ia harapkan, tetapi ia mendapatkan penambahan rasa cinta dari sahabat-sahabat nya. Wuih, berat gila kata-kata gue. Tapi emang bener, Tuhan menjanjikan akan membalas setiap perbuatan kita, terutama perbuatan baik kita. Dan juga bila kita bersedekah, Tuhan akan membalasnya sebanyak 10 kali lipat. Kita tidak perlu menunggu sampai mati dulu dan masuk surga baru mendapatkan balasan dari sedekah kita, tetapi Tuhan akan membalasnya di dunia!
Ini lah yang semua orang sering beranggapan salah. Balasan dari Tuhan bukan hanya akan kita dapatkan di surga atau neraka, tetapi di dunia. Gue sering nonton acara nya Ustad Yusuf Mansur. Gue setuju banget dengan pendapat beliau bahwa jika kita ingin membuka usaha, bersedekah lah seolah-olah kita sudah sukses. Dan yakin lah Tuhan akan membalasnya dalam berbagai bentuk dan pada waktu yang kita tidak duga-duga. Misalkan, kita mau bikin usaha kecil-kecilan, ya usaha yang sekira nya cocok bagi mahasiswa atau siswa. Kemudian kita telah memiliki modal 500 ribu, sedekahkan seperempat, sebagian atau bahkan yang nekat semua modal itu! Biarkan Tuhan yang mengolah modal itu. Tapi bukan berarti kita tinggal nungguin doang. Ya kita tetap menjalankan usaha kita itu dengan usaha sepenuh hati dan dengan sisa modal yang ada. Kalau modal nya gak ada ya terpaksa ngutang lagi hehehe. Tapi memang kita memulai nya dari dasar dan Tuhan akan membantu dengan modal sedekah yang sudah kita tanamkan sebelumnya.
Kembali lagi pada spongebob, dia telah mengalah pada kebutuhan sahabatnya dan tidak memaksakan kehendaknya untuk bersenang-senang belaka. Dan akhirnya ia mendapatkan satu show khusus dirinya yang di berikan oleh sahabat-sahabatnya atas apa yang telah spongebob lakukan untuk sahabat-sahabatnya. Itulah suatu gambaran bahwa balasan dari apa yang kita perbuat dapat langsung kita tuai walaupun kita tidak tahu kapan dan dalam bentuk apa. Ini seperti apa yang dikatakan oleh J.F Kennedy “don’t ask what this nation can do for you, but ask what you can do for this nation”. Jadi selama ini, apa yang sudah kita lakukan untuk negara atau minimal orang-orang disekitar kita?
Semakin banyak yang anda berikan, semakin banyak keberuntungan yang anda dapatkan
-Dave Thomas-

No comments:

Post a Comment