Translate

Friday, April 5, 2013

Waktunya Jualan Ide



            “Cangcimen! Cangcimen! Kacang, kuaci, permen!”, “Silahkan mbak, mas, sepatunya dipilih-pilih. Ada sepatu dari kulit sapi, kelinci, sampai kulit komodo”, “Selamat datang di rumah makan Anti Lapar, mau pesan apa?”. Nah pada familiar gak sama kata-kata kayak begituan? Gak di dalam bis kota, di Mall, di kampus, sampai di kuburan pun ada. Tapi gak tau juga yang jualan di kuburan itu orang apa enggak *eh. Yang dijual itu macam-macam, ada makanan, barang-barang, dan lainnya. Pada merhatiin gak apa kesamaan yang mereka jual? Yang mereka cuma jualan barang! Nah, terus mau jualan apaan kalau gak barang? Ya jualan ide dong cuy.
            Gini nih ceritanya, peradaban manusia pada zaman modern itu ada empat era. Yang pertama era agraris atau pertanian. Dimana pada era ini pokok bisnis masyarakat adalah hasil-hasil pertanian. Kemudian setelah itu era industrialisasi. Yap! Pada era inilah perusahaan-perusahaan raksasa mulai bermunculan dengan inovasi teknologi industrinya. Pada tahun 90-an sampai 2000-an, mulailah era informasi. Seperti yang kita ketahui, teknologi informasi pada saat ini berkembang sangat pesat. Mulai dari komputer hingga internet. Dan yang terakhir nih, di era 2010 keatas, jeng jeng jeng jeng!! Zoom in, zoom out, zoom in, zoom out. Era konseptual!! Bener banget, pada era ini saatnya kita jualan ide cuy! Kita gak perlu punya tanah buat ditanemin buah-buahan, kita juga gak perlu sepintar Einstein untuk menemukan teknologi baru, atau kita tidak perlu menjadi ahli hacker yang diburu banyak cewek (nah apa hubungannya coba). Yang kita butuhkan cukup sebuah ide unik, gila, nyeleneh dan gokil. Karena yang dicari saat ini itu konsep yang unik dan lain dari yang lain.
            Masih belum paham juga? *gubrak*. Jadi gini nih, misalnya kita mau jualan tempe goreng. Nah banyak banget kan orang yang jualan tempe goreng di pinggir jalan, di dalam gang, malah di atas sungai juga ada. Masa kita cuma mau jualan tempe doang gitu? Berarti kita gak ada bedanya sama orang yang jualan di atas sungai gitu. Mau beda? Caranya ya ditambah jualan ide. Jadi kita masukin konsep yang berbeda dan unik dalam tempe goreng kita itu. Misalnya bikin konsep tempe goreng yang beda kayak tempe goreng saus tiram atau burger isi tempe. Isi nya sama tempe, tapi gimana kita masukin ide dan menjadikannya sesuatu yang baru. Jadi deh yang kita jual itu idenya. Misalnya juga nih, sekarang orang jualan mie gak cuma mie ayam atau mie gorang aja, ada mie setan, mie rainbow, dkk deh!

         



   Atau kalau kita mau buka toko baju. Baju yang dijual mah sama aja. Kita gak usah susah-susah bikin pabrik baju yang mahal dan gede banget kayak DC star atau Ripcurl gitu. gak usah. Bikin konsep yang aneh bin nyeleneh bin nyontang bin gila dan bin-bin lainnya. Kayak misalnya, di kaos yang kita jual itu tulisin aja “juara satu lomba makan kerupuk sambil kayang tingkat RT” atau “penghargaan lulus kursus bahasa ulet bulu” nah kan aneh tuh. Kaosnya mah biasa aja, tapi konsep di kaos itu yang bikin orang-orang cengar-cengir sendiri (serem juga ya lihat orang cengar-cengir sendiri, apalagi kalau dia tiba-tiba ngakak gitu).


            Terus juga nih, kalau misalnya anak kos mau beli makan. Pasti nyarinya yang murah-murah kan? Kok tau? Ya tau lah, gue juga anak kos kali. Oke lupain itu. Pastinya tiap kita mau makan bareng temen kos itu kita nanya, “mau makan dimana?” “udah, makan yang biasa-biasa aja. Biar murah.” Nah, kalau biasa-biasa aja, murah kan? Berarti yang luar biasa itu mahal dong. Yang bikin luar biasa apa? Ya jelas idenya lah. Berarti ide mahal dong, pastinya. Buat ngehasilin ide aja butuh semedi berjam-jam dalam WC. Terus habis itu, buat ngelakuin ide aja butuh keberanian yang lebih besar dari keberanian minta izin sama guru killer buat ke WC. Dan bangkit dari kegagalan akibat ngelakuin ide itu juga lebih berat daripada bangkit dari jongkok di WC. Bentar, ini kenapa perumpamaan gue semuanya pake WC. Oke biarin aja yang penting ide itu mahal.
            Nah untuk bisnis ide atau bisnis konsep ini, Pemerintah Indonesia sudah mempersiapkan dengan sangat matang. Persiapan itu dapat dilihat dengan dibentuknya Kementrian Pariwisata dan Bisnis Kreatif. Dan di dunia nih, Cuma ada dua negara aja yang punya kementrian khusus untuk bisnis kreatif ini. Yang pertama itu negaranya Mr. Bean, Inggris, dan yang kedua negara kita tercinta, Indonesia!!! Tuh kan, Pak SBY aja sampai segitunya nyiapin kementrian buat kita-kita yang mau jualan ide. Tinggal kita-kita aja, generasi muda, yang harus mengemban tugas dari Ibu Pertiwi tanah air pusaka Indonesia Raya untuk mengibarkan sang Merah Putih di puncak perekonomian dunia. *pakai helm perang* o_o

No comments:

Post a Comment