Translate

Monday, December 31, 2012

New Year’s Eve!



           “Selamat tahun baru 2013!! Gila, udah main selesai aja nih 2012. Perasaan baru kemarin tahun baru 2012.” Kata-kata kayak gitu pasti banyak banget deh diucapin sama orang-orang pas tahun baru. Terus pasti banyak banget deh pesta-pesta perayaan  tahun baru gitu. Pesta sampe tengah malem, terus pas udah deket sama pergantian tahun, mulai deh ngitung mundur dan disambut dengan fireworks gitu. Sebenernya gue agak heran dengan perayaan-perayaan kayak gitu, termasuk perayaan ulang tahun. Sebenernya, yang dirayain apanya seh? Umur makin pendek, makin deket sama mati kok malah pesta-pesta -_- (padahal gue juga ngerayain ._.).

            Bener gak pertanyaan gue? Ngapain ngerayain umur yang makin pendek. Iya kan? Harusnya itu, nangis-nangis atau berdoa bersama gitu (udah kayak tahlilan aja ._.). Tapi apa salahnya coba kalo kita mau ngerayain keberhasilan atau pencapaian kita selama tahun kemarin. Iya gak? Nah, trus pas tahun baru harus gimana? Bingung ding ._.
            Sebenernya mau ngapain aja pas tahun baru ya terserah setiap orang seh. Karena kesan pada tahun yang terlewati berbeda-beda pada tiap individu. Sehingga, bentuk ekspresi yang ingin diluapkan pada pergantian tahun juga berbeda-beda.
            Tahun baru adalah hal yang penting dan berpengaruh pada setiap orang. Peristiwa dimana bumi telah mengelilingi matahari dalam satu garis edar penuh ini menandakan bahwa manusia telah melewati satu periode waktu dalam kehidupan mereka. Dimana dalam satu periode waktu itu sudah banyak hal yang dilakukan manusia. Sehingga tidak salah jika pada akhir tahun, perlu direnungkan kembali apa yang telah kita lakukan selama tahun kemarin. Memikirkan kembali apa yang berhasil kita peroleh dan juga apa kegagalan yang berhasil kita capai *eh.

            Jika memang kita telah banyak mendapatkan keberhasilan, pantaslah kita menghadiahi diri kita dengan perayaan akhir tahun. Tetapi jika ternyata kita mengalami banyak kegagalan, pantas juga kita untuk meryakan akhir tahun sebagai hiburan untuk diri kita (sama aja dong ^^). Tetapi yang terpenting disini adalah bagaimana kita mengkaji pencapaian dan kegagalan kita pada tahun kemarin, kemudian dari itu kita dapat menetapkan tujuan pada tahun depan.
            Mulai dari mengkaji keberhasilan kita. Kita berfikir bagaimana kita bisa mencapai hal yang kita berhasil mencapainya. Ingatlah bagaimana kita melewati setiap langkah dengan pasti, menghadapi rintangan dengan yakin dan mencapai keberhasilan. Dari situ kita dapat menerapkan kembali langkah-langkah yang telah kita gunakan dalam pencapaian tahun kemarin untuk meraih tujuan tahun depan.

            Tetapi kalo dari kegagalan gimana? Kegagalan itu bukan untuk disesalin men! Kegagalan itu untuk dipelajari (wuih, wise gila ^^). Itu bener, ada satu kata mutiara yang gue lupa dari siapa. Kata mutiara itu berbunyi “lebih banyak pelajaran yang bisa diambil dalam suatu kegagalan”. Nah! Bener kan! Kegagalan itu untuk dipelajari. Sebab dari kegagalan itu kita pernah merasakan bagaimana sakitnya jatuh dalam proses mencapai tujuan kita. Kemudian dari situ kita belajar bagaimana mencari cara lain agar tidak jatuh lagi dan semakin bersemangat untuk menjauhi rasa sakit akibat jatuh itu untuk mencapai keberhasilan itu lagi.
            Nah! Setelah mengkaji dari keberhasilan dan kegagalan tersebut, kita sudah dapat membuat persiapan untuk mencapai tujuan baru pada tahun depan. Disini juga tujuan pada tahun berikutnya juga bergantung pada pencapaian dan kegagalan tahun kemarin. Kita dapat menetapkan tujuan yang baru atau kembali mewujudkan tujuan yang gagal kita capai pada tahun lalu. Terlepas tujuan mana yang akan kita buat, itu sama saja. Karena jika kedua  tujuan itu berhasil kita capai, itu berarti kita selangkah lebih maju dari yang kemarin. Ingat kata Rasulullah SAW., hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Selamat menentukan tujuan baru dan Happy New Year 2013!! *teeet teeet teeet* 
*\(^o^)/*

No comments:

Post a Comment