“Cangcimen! Cangcimen! Kacang,
kuaci, permen!”, “Silahkan mbak, mas, sepatunya dipilih-pilih. Ada sepatu dari
kulit sapi, kelinci, sampai kulit komodo”, “Selamat datang di rumah makan Anti
Lapar, mau pesan apa?”. Nah pada familiar gak sama kata-kata kayak begituan?
Gak di dalam bis kota, di Mall, di kampus, sampai di kuburan pun ada. Tapi gak tau
juga yang jualan di kuburan itu orang apa enggak *eh. Yang dijual itu
macam-macam, ada makanan, barang-barang, dan lainnya. Pada merhatiin gak apa
kesamaan yang mereka jual? Yang mereka cuma jualan barang! Nah, terus mau
jualan apaan kalau gak barang? Ya jualan ide dong cuy.
Gini nih ceritanya, peradaban
manusia pada zaman modern itu ada empat era. Yang pertama era agraris atau pertanian. Dimana pada
era ini pokok bisnis masyarakat adalah hasil-hasil pertanian. Kemudian setelah
itu era industrialisasi. Yap! Pada era inilah perusahaan-perusahaan raksasa
mulai bermunculan dengan inovasi teknologi industrinya. Pada tahun 90-an sampai
2000-an, mulailah era informasi. Seperti yang kita ketahui, teknologi informasi
pada saat ini berkembang sangat pesat. Mulai dari komputer hingga internet. Dan
yang terakhir nih, di era 2010 keatas, jeng jeng jeng jeng!! Zoom in, zoom out,
zoom in, zoom out. Era konseptual!! Bener banget, pada era ini saatnya kita
jualan ide cuy! Kita gak perlu punya tanah buat ditanemin buah-buahan, kita
juga gak perlu sepintar Einstein untuk menemukan teknologi baru, atau kita
tidak perlu menjadi ahli hacker yang diburu banyak cewek (nah apa hubungannya
coba). Yang kita butuhkan cukup sebuah ide unik, gila, nyeleneh dan gokil.
Karena yang dicari saat ini itu konsep yang unik dan lain dari yang lain.
Masih belum paham juga? *gubrak*.
Jadi gini nih, misalnya kita mau jualan tempe goreng. Nah banyak banget kan
orang yang jualan tempe goreng di pinggir jalan, di dalam gang, malah di atas
sungai juga ada. Masa kita cuma mau jualan tempe doang gitu? Berarti kita gak
ada bedanya sama orang yang jualan di atas sungai gitu. Mau beda? Caranya ya
ditambah jualan ide. Jadi kita masukin konsep yang berbeda dan unik dalam tempe
goreng kita itu. Misalnya bikin konsep tempe goreng yang beda kayak tempe
goreng saus tiram atau burger isi tempe. Isi nya sama tempe, tapi gimana kita
masukin ide dan menjadikannya sesuatu yang baru. Jadi deh yang kita jual itu
idenya. Misalnya juga nih, sekarang orang jualan mie gak cuma mie ayam atau mie gorang aja, ada mie setan, mie rainbow, dkk deh!
Atau kalau kita mau buka toko baju.
Baju yang dijual mah sama aja. Kita gak usah susah-susah bikin pabrik baju yang
mahal dan gede banget kayak DC star atau Ripcurl gitu. gak usah. Bikin konsep
yang aneh bin nyeleneh bin nyontang bin gila dan bin-bin lainnya. Kayak
misalnya, di kaos yang kita jual itu tulisin aja “juara satu lomba makan
kerupuk sambil kayang tingkat RT” atau “penghargaan lulus kursus bahasa ulet
bulu” nah kan aneh tuh. Kaosnya mah biasa aja, tapi konsep di kaos itu yang
bikin orang-orang cengar-cengir sendiri (serem juga ya lihat orang
cengar-cengir sendiri, apalagi kalau dia tiba-tiba ngakak gitu).
Terus juga nih, kalau misalnya anak
kos mau beli makan. Pasti nyarinya yang murah-murah kan? Kok tau? Ya tau lah,
gue juga anak kos kali. Oke lupain itu. Pastinya tiap kita mau makan bareng
temen kos itu kita nanya, “mau makan dimana?” “udah, makan yang biasa-biasa
aja. Biar murah.” Nah, kalau biasa-biasa aja, murah kan? Berarti yang luar
biasa itu mahal dong. Yang bikin luar biasa apa? Ya jelas idenya lah. Berarti
ide mahal dong, pastinya. Buat ngehasilin ide aja butuh semedi berjam-jam dalam
WC. Terus habis itu, buat ngelakuin ide aja butuh keberanian yang lebih besar
dari keberanian minta izin sama guru killer buat ke WC. Dan bangkit dari
kegagalan akibat ngelakuin ide itu juga lebih berat daripada bangkit dari
jongkok di WC. Bentar, ini kenapa perumpamaan gue semuanya pake WC. Oke biarin
aja yang penting ide itu mahal.
Nah untuk bisnis ide
atau bisnis konsep ini, Pemerintah Indonesia sudah mempersiapkan dengan sangat
matang. Persiapan itu dapat dilihat dengan dibentuknya Kementrian Pariwisata
dan Bisnis Kreatif. Dan di dunia nih, Cuma ada dua negara aja yang punya
kementrian khusus untuk bisnis kreatif ini. Yang pertama itu negaranya Mr.
Bean, Inggris, dan yang kedua negara kita tercinta, Indonesia!!! Tuh kan, Pak
SBY aja sampai segitunya nyiapin kementrian buat kita-kita yang mau jualan ide.
Tinggal kita-kita aja, generasi muda, yang harus mengemban tugas dari Ibu
Pertiwi tanah air pusaka Indonesia Raya untuk mengibarkan sang Merah Putih di
puncak perekonomian dunia. *pakai helm perang* o_o
No comments:
Post a Comment